Khasiat Akar Kuning Kalimantan Dapat Mengobati 3 Jenis Penyakit Kronis



Khasiat Akar Kuning Kalimantan Dapat Mengobati 3 Jenis Penyakit Kronis


Akar kuning dengan nama latin Arcangelisia flava L. Akar ini mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap daerahnya, seperti orang Sunda menyebutnya ki koneng, orang Jawa menyebutnya sirawan, dan Maluku menyebutnya bulan. Secara morfologi, tanaman ini merupakan liana berkayu.


Kayunya berwarna kuning dan mengeluarkan getah yang berwarna kuning pula apabila dipotong. Daun nya berbentuk bulat, urat daun menjari lima pada bagian pangkalnya, tangkai daun menggembung pada kedua pangkalnya, bukan merupakan daun penumpu. Perbungaan nya malai, pada bagian ketiak daun atau batang, kelopak dan mahkotanya berwarn kuning.


Buahnya membulat kotak dengan tiga rusuk, kulitnya sedikit berbulu dengan warna hijau hingga cokelat kehitaman. Bijinya tunggal dengan ukuran kecil dan berwarna cokelat.


Manfaat Akar Kuning Bagi Kesehatan 


Kebanyakan orang bahwa tanaman akar ini hanya berbentuk seperti akar saja tanpa buah, daun dan biji, padahal tanaman ini merupakan tanaman yang sama seperti tanaman yang lain nya.


Perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat sehingga manfaat akar kuning pun telah ditemukan dalam dunia kesehatan dimana kandungan yang terdapat dalam akar kuning pada kayu dan daunnya terdapat saponin, flavonoid, dan tanin.


Dari berbagai kandungan tersebut khasiat nya bisa menyembuhakn penyakit sakit kuning, malaria dan reumatik. Adapaun cara membuat ramuan akar kuning adalah sebagai berikut:


Obat sakit kuning (hepatitis) dan Malaria, ambil kayu kuning sebanyak 30 g kemudian cuci sampai bersih, setelah itu rebus dengan air sekitar 400 ml diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai rebusan tersebut mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut disaring kemudian bisa langsung diminum sebanyak tiga kali dalam sehari.


Obat rematik, dengan cara mengambil buah akar kuning sebanyak 20-30 g, kemudian ditumbuk samapai halus dengan ditambahkan sedikit garam, setelah itu bisa langsung dibalurkan pada bagian yang terkenan rematik sebanyak satu samapai dua kali dalam sehari.


Selain itu, akar kuning ini digunakan sebagai obat krumut (cacar) dan untuk tanaman anti snatet. Berbagai literatur telah mengupas dan membuktikan penelitian dari tanaman akar kuning yang ternyata mengandung zat yang sering disebut dengan hepatoprotektor.
Semoga bermanfaat bagi masyarakat...indonesia..., salam Sehat

0 Response to " Khasiat Akar Kuning Kalimantan Dapat Mengobati 3 Jenis Penyakit Kronis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel