Profil Nadiem Makarim | Dari Gojek Hingga Menjadi Medikbud dan Menteri Termuda



Profil Nadiem Makarim | Dari Gojek Hingga Menjadi Medikbud dan Menteri Termuda

Nadiem Anwar Makarim adalah pria kelahiran Singapura tanggal 4 Juli 1984. Beliau adalah seorang pengusaha  yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi Indonesia. Beliau merupakan pendiri perusahaan ojek online Go-Jek. Gojek adalah perusahaan jasa transportasi online yang beroperasi di Indonesia dan di beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Singapura dan di Thailand.


Nadiem Anwar Makarim adalah anak dari Bapak Nono Anwar Makarim dan Ibu Atika Algadri. Ayah beliau adalah seorang aktivis dan pengacara yang sangat terkemuka keturunan Arab-Minang dan ibunya adalah seorang penulis serta putri dari Hamid Algadri yaitu salah seorang perintis kemerdekaan Republik Indonesia.


Proses pendidikan dasar sampai SMA Nadiem berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Setelah menyelesaikan SMA di Singapura di tahun 2002, beliau mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Seusai mendapatkan gelar sarjana di tahun 2006 dan beliau mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School setelah tiga tahun kemudian.


Sebelum mendirikan Gojek, Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company, mendirikan Zalora Indonesia menjabat sebagai Managing Editor. Lalu pernah menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) di Kartuk dan pada akhirnya beliau mengembangkan dan merintis Gojek di tahun 2011. Pada saat ini GoJek adalah sebuah perusahaan rintisan terbesar yang ada di Indonesia. 


Di bulan Agustus 2016, Gojek mendapatkan pendanaan sebesar USD 550 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun dari konsorsium yang terdiri dari KKR, Sequoia Capital, Capital Group, Rakuten Ventures, NSI Ventures, Northstar Group, DST Global, Farallon Capital Management, Warburg Pincus, dan Formation Group.

0 Response to "Profil Nadiem Makarim | Dari Gojek Hingga Menjadi Medikbud dan Menteri Termuda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel